Pertahanan Barca Tergoyahkan

Jika saat laga uji coba pada pra-musim 2018/2019 pertamanya imbang 2-2 kala itu saat melawan Tottenham Hotspur, kini Barca harus takluk ditangan AS Roma dengan skor akhir 2-4 pada Rabu (1/8). Pada saat debutnya di International Champions Cup (ICC) 2018 sudah tercatat jika gawang Barcelona kemasukan enam gol hanya dari dua pertandingan yang ada. Secara garis besar sudah terlihat jelas bila garis belakang yang dimiliki oleh Los Blaugrana ini memiliki masalah. Bahkan pertandingan Barcelona saat melawan Tottenham beberapa hari yang lalu didapatnya karena adu penalti.

Pada saat Barca menang melawan Tottenham di babak adu penalti, jika dilihat kembali kemenangan yang diraih oleh tim asal Spanyol tersebut bukan dikarenakan performa timnya sedang baik pada kala itu. Sebelumnya skor yang dimiliki oleh klub asal Katalunya ini unggul lebih awal dibandingkan dengan Barca pada saat pertandingannya. Permasalan kini sudah semakin terlihat jelas karena saat kembali terjun ke lapangan hijau, Barcelona kian gagal kembali meraih kemenangan. Kekuatan yang ada pada lini pertahanan pasukan kesebelasan milik Ernesto Valverde sudah mulai tumpul.

Kekuatan pertahanan yang dimiliki Barca sudah mulai turun, bahkan dikatakan jika pertahanan dari Barca seolah hilang begitu saja setelah laga melewati menit ke-70. Karena pada menit ke-73 dan 75 Tottenham mencetak angka dengan selisih waktu yang dekat. Tidak hanya itu, pada saat melawan AS Roma, lini pertahanan milik pelatih Valverde juga runtuh begitu melewati menit ke-70. AS Roma pada kala itu mencetak tiga gol pada menit ke-78, 83, dan 86. Rusaknya formasi pertahanan Barcelona dikatakan terdapat pada posisi bek, namun pihak Barca mengatakan jika kekalahan merupakan tanggung jawab organisasi tim.

Clement Lenglet yang merupakan bek baru dari bagian tim Ernesto Valverde, sejak awal selalu diturunkan menjadi pemain utama dengan pasangan duetnya yaitu Marlon Santos pada bagian tengah pertahanann Barca. "Anda harus bekerja sejauh mungkin, tetapi dengan semua orang. Kami bermain dengan baik selama 70 menit dan kemudian mungkin saja tidak terlalu banyak pada menit selanjutnya. Tapi itu normal, sebab yang ada di lapangan saat pemain muda menghadapi pemain profesional, kami harus beradaptasi agar dapat bermain dengan baik untuk kedepannya nanti," Ucap Lenglet mengenai masalah timnya.