Hengkangnya Pierluigi dari UEFA

Untuk sobat footballers penggemar Serie A tentu tidak asing lagi di telinga mendengar nama dari Pierluigi Collina. Dia dikenal dengan pala plontosnya, Collina menjadi salah satu wasit terbaik yang pernah dimiliki oleh Italia . Atas kinerjanya itu, Collina dipercaya untuk menjadi Direktur dari komite wasit UEFA. Tetapi setelah menjabat selama 8 tahun, ia yang merupakan wasit dengan julukan Kojak tersebut telah menunkan keputusan bulatnya. Collina memilih mundur dari karena suatu alasan pribadi yang ia miliki.

“Pierluigi membawa visi, pengertian, serta juga pengamatan yang sama dalam perannya di UEFA seperti saat dia masih menjadi wasit kala itu” ujar Aleksander Ceferin selaku Presiden UEFA. Pria asal kelahiran Slovenia mengatakan jika ia sangat berterimakasih karena semasa Collina selama menjadi bagian dari UEFA telah berkomitmen dan juga telah memberikan apapun yang ia punya untuk sepak bola Eropa sebagai kepala komite wasit. Collina juga dikenal sebagai salah satu sosok yang paling mendukung penggunaan video assistant referee yang biasa disingkat VAR dalam pertandingan sepak bola.

Selama kepemimpinannya, UEFA telah menciptakan sistem pemantauan 360 derajat serta berbagai program bagi ofisial untuk meningkatkan kemampuan teknik, fisik, serta standar nutrisi. Ia juga menjadi pengadil di final Liga Champion pada tahun 1999 dan di Piala Dunia 2002, Collina juga telah dianggap sebagai wasit yang terhebat didunia. Ia terpilih sebagai wasit terbaik FIFA sebanyak enam kali. Setelah memutuskan untuk pensiun sebagai pengadil di tengah lapangan hijau pada tahun 2005 lalu, ia dikatakan telah menjadi konsultan Asosiasi Wasit Italia (AIA) tanpa menerima bayaran sepeser pun.

Untuk saat ini posisi yang telah di tinggalkan oleh Pierluigi Collina ini akan digantikan oleh Roberto Rosetti. Wasit berusia 50 tahun ini juga berasal dari negara yang sama dengan Collina, yaitu Italia. Roberto Rosetti pada awalnya ia memulai karir dirinya sebagai wasit sejak tahun 2002. Selain menjadi wasit, sosok yang menggantikan Pierluigi sebagai Direktur dari komite wasit UEFA ini juga menjabat sebagai direktur sebuah rumah sakit di Italia.