Andalan Timnas Indonesia U-16 Di Piala AFF U-2018

Tim Nasional Indonesia U-16 berhasil memperoleh kemenangan dari Timor Leste U-16 dengan skor akhir 3-0 pada Sabtu (4/8) lalu. Perolehan skor tersebut tidak lepas dari kerja keras Bagus Kahfi dan Sutan Zico. Dua penyerang itu menjadi akhor dari kemenangan Garuda Muda Indonesia pada laga keempatnya di penyisihan Grup A Piala AFF U-16 2018 di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo. Saat laga tersebut Bagus telah mencetak gol pada menit ke-49 dan menit ke-80 dengan total perolehan 2 gol yang ia dapat pada pertandingan itu. Sedangkan untuk Zico, dirinya telah mencetak gol pada menit ke 72 setelah menerima umpan dari Bagus.

Fakhri Husaini mengatakan jika kolaborasi antara Bagus dan Zico membuat bangga dirinya. “Meski Zico hanya bermain sekitar 20 menit saja ia sudah dapat memberikan kontribusi untuk timnya. Untuk Bagus sendiri ia tidak hanya memberikan gol, tetapi juga dapat memberikan asis yang luar biasa” ujar Fakhri selaku pelatih timnas U-16. Tiga gol yang diperoleh timnas Indonesia U-16 telah membuat lega para pemain dan seluruh suporter. Karena pada saat itu Maulana dan kawan – kawannya mengatakan jika mereka kesulitan untuk menembus pertahanan kiper Timor Leste U-16, meskipun pada awalnya mereka telah melakukan berbagai upaya dibabak pertama dengan melepaskan 16 tembakan.

Gol yang diperoleh Bagus pada laga tersebut membuat dirinya menjadi top scorer sementara di Piala AFF U-16 2018 dengan perolehan delapan gol. Selama pertandingan di Piala AFF U 16 2018, Bagus selalu mencetak dua gol untuk tim Indonesia U-16. Pujian juga datang kepada sang penjaga gawang Ernando Ari Sutaryadi oleh Fakhri. Dia tidak pernah absen saat membela Indonesia U-16 di babak penyisihan grup di ajang turname Piala AFF U-16 2018.

Kiper yang dimiliki oleh timnas Indonesia U-16 saat ini, Ernando Ari Sutaryadi dalam semua penampilannya itu, ia telah melakukan 12 kali penyelamatan penting. Ernando berhasil menghalau bola penalti yang dieksekusi oleh Zaw Win Thein, pada laga saat timnas Indonesia U-16 berhadapan dengan Myanmar U-16.