Prestasi Tak Jauh Dari Nama "Pep" Guardiola

Josep Guardiola juga sempat memenangkan penghargaan pelatih terbaik versi Onze D'or pada tahun dua ribu sembilan (2009), lalu dua kali berturut - turut dari 2011 dan juga 2012. Penghargaan yang satu ini lagi - lagi dimenangkan oleh pelatih berkepala plontos itu ketika dirinya masih menjadi juru taktik Barcelona dan memang pencapaiannya saat itu sangatlah fenomenal meskipun waktu yang ia miliki bersama Blaugrana tidaklah terlalu lama. Kemudian Josep guardiola juga sempat memenangkan penghargaan dari majalah sepakbola dunia alias World Soccer Magazine untuk kategori pelatih terbaik ditahun dua ribu sembilan dan dua ribu sebelas (2009 & 2011) kemarin, dan tentu saja kehormatan ini dimenangkan oleh pelatih berpaspor Spanyol itu berkat prestasinya bersama generasi emas Barcelona. Masa inilah yang menjadi salah satu dasar mengapa Josep Guardiola merupakan salah satu pelatih terbaik dunia.

Selain itu majalah sepakbola dunia juga memberikan penghargaan serupa lainnya untuk Josep Guardiola, yakni sebagai pelatih terbaik didunia yang masih aktif melatih tim sepakbola diposisi kedua pada tahun dua ribu tiag belas (2013) kemarin. Pada posisi pertama bertengger sang "rival" abadinya, Jose Mourinho yang memang sudah lebih lama malang melintang didalam dunia pesepakbolaan namun kemampuan melatihnya kerap dibanding - bandingkan. Selanjutnya Josep Guardiola juga sempat memenangkan penghargaan sebagai pelatih terbaik dunia juga ditahun dua ribu sembilan dan dua ribu sebelas (2009 & 2011) kemarin yang diberikan oleh IFFHS, yakni badan yang bertugas untuk mencatat segala hal yang terjadi didalam seluruh pertandingan sepakbola yang ada. Saat ini, penghargaan tersebut tengah dimenangkan oleh Zinedine Zidane berkat pencapaiannya bersama dengan Real Madrid.

Pada tahun dua ribu sebelas (2011) kemarin dimusim terakhirnya bersama dengan Barcelona, Josep Guardiola mampu memenangkan penghargaan sebagai pelatih terbaik dibenua eropa versi Alf Ramsey. Sejauh ini, pelatih berpaspor Spanyol itu baru sekali saja memenangkan anugerah ini lantaran memang banyaknya nama - nama beken disini termasuk juga sejumlah juru taktik legendaris yang telah tiada meninggalkan kita semua. Ketika mengantarkan Barcelona menjuarai Treble alias raihan tiga (3) gelar dalam semusim kemarin dimusim dua ribu delapan hingga dua ribu sembilan (2008 - 2009), Josep Guardiola juga memenangkan sejumlah penghargaan, termasuk diantaranya pelatih terbaik benua Eropa yang diberikan oleh UEFA selaku asosiasi yang mengepalai seluruh organisasi pesepakbolaan Eropa. Tentu saja trofi yang satu ini memiliki gengsi yang besar lantaran tidak mudah untuk didapatkan.

Josep guardiola juga mampu memenangkan penghargaan sebagai pelatih yang pantas untuk melatih tim berisikan jajaran pesepakbola terhebat Eropa dimusim dua ribu delapan hingga dua ribu sembilan (2008 - 2009) dan 2010 hingga 2011 kemarin dan yang menariknya, sebagian besar dari punggawa tim terbaik ini diisi oleh para pemain inti Barcelona dan hal ini tidaklah mengherankan lantaran pada masa emasnya, tidak ada yang mampu menghentikan Lionel Messi dan kawan - kawan. Berikutnya Josep Guardiola juga berhasil memenangkan penghargaan sebagai pelatih terbaik dipentas La Liga Spanyol selama empat musim berturut - turut, mulai dari tahun dua ribu sembilan (2009) hingga 2012 kemarin dan tentu saja penghargaan ini tak lepas dari pencapaiannya bersama dengan Barcelona pada musim - musim itu. Meskipun diakhir masa baktinya Blaugrana sempat mengalami penurunan performa, namun gaya permainan yang diwariskannya tidaklah mati.